Selasa, 29 Oktober 2013

TUGAS MANAJEMEN SOFKILL ( Definisi Pengorganisasian )


A. Definisi Pengorganisasian 

 PENGORGANISASIAN Adalah merupakan fungsi dari manajemen, yang merupakan proses dalam mengatur manusia, tugas, wewenang dan tanggung jawab dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. 

Pengorganisasian Seperti telah diuraikan sebelumnya tentang Manajemen, Pengorganisasian adalah merupakan fungsi kedua dalam Manajemen dan pengorganisasian didefinisikan sebagai proses kegiatan penyusunan struktur organisasi sesuai dengan tujuan-tujuan, sumber-sumber, dan lingkungannya. Dengan demikian hasil pengorganisasian adalah struktur organisasi.
B. Definisi Struktur Organisasi  
   Struktur Organisasi dapat didefinisikan sebagai mekanisme-mekanisme formal organisasi diolah. Struktur organisasi terdiri atas unsur  spesialisasi kerja, standarisasi, koordinasi, sentralisasi atau desentralisasi dalam pembuatan keputusan dan ukuran satuan kerja.
 Definisi struktur organisasi Menurut Robbins (2007) mendefinisikan struktur organisasi sebagai penentuan bagaimana pekerjaan dibagi, dibagi, dan dikelompokkan secara formal.
Sedangkan organisasi merupakan unit sosial yang dikoordinasikan secara sadar, terdiri dari dua orang atau lebih, dan berfungsi dalam suatu dasar yang relatif terus-menerus guna mencapai serangkaian tujuan bersama.

C. Pengorganisasian Sebagai Fungsi Manajemen 
Pengorganisasian (Organizing) ialah fungsi manajemen yang berhubungan dengan pembagian tugas. Siapa mengerjakan apa dan siapa bertanggung jawab pada siapa. 

2.) Actuating Dalam Manajemen

A. Definisi Actuating
Actuating adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agarsemua agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapaisasaran yang sesuai dengan perencanaan manejerial dan usaha-usahaorganisasi. Jadi actuating artinya menggerakkan orang-orang agarmau bekerja dengan sendirinya atau dengan kesadaran secarabersama-sama untuk mencapai tujuan dikehendaki secara efektif.
Penggerakan (Actuating)Melakukan partisipasi terhadap keputusan, tindakan dan perbuatan, Mengarahkan orang lain dalam bekerja, Memotivasi anggota berkomunikasi secara efektif ,Meningkatkan anggota agar memahami potensinya secara penuh,Memberi imbalan penghargaan yang sesuai terhadap pekerja, Mencukupi keperluan pegawai sesuai dengan kegiatan pekerjaannya.
Dalam hal ini, George R. Terry (1986) mengemukakan bahwa actuating merupakan usaha menggerakkan anggota-anggota kelompok sedemikian rupa hingga mereka berkeinginan dan berusaha untuk mencapai sasaran perusahaan dan sasaran anggota-anggota perusahaan tersebut oleh karena para anggota itu juga ingin mencapai sasaran-sasaran tersebut.
Dari pengertian di atas, pelaksanaan (actuating) tidak lain merupakan upaya untuk menjadikan perencanaan menjadi kenyataan, dengan melalui berbagai pengarahan dan pemotivasian agar setiap karyawan dapat melaksanakan kegiatan secara optimal sesuai dengan peran, tugas dan tanggung jawabnya. Hal yang penting untuk diperhatikan dalam pelaksanan (actuating) ini adalah bahwa seorang karyawan akan termotivasi untuk mengerjakan sesuatu jika :
(1) Merasa yakin akan mampu mengerjakan,
(2) Yakin bahwa pekerjaan tersebut memberikan manfaat bagi dirinya,
(3) Tidak sedang dibebani oleh problem pribadi atau tugas lain yang lebih penting, atau mendesak,
(4) Tugas tersebut merupakan kepercayaan bagi yang bersangkutan dan
(5) Hubungan antar teman dalam organisasi tersebut harmon


Prinsip-Prinsip Penggerakan
Menurut Kurniawan (2009) prinsip-prinsip dalam penggerakan/actuating antara lain:
·        Memperlakukan pegawai dengan sebaik-baiknya
·        Mendorong pertumbuhan dan perkembangan manusia
·        Menanamkan pada manusia keinginan untuk melebihi
·        Menghargai hasil yang baik dan sempurna
·        Mengusahakan adanya keadilan tanpa pilih kasih
·        Memberikan kesempatan yang tepat dan bantuan yang cukup
·        Memberikan dorongan untuk mengembangkan potensi dirinya

C. Mengendalikan Manajemen
 A. Definisi Mengendalikan (Controling)
     Controlling ( Pengendalian dan pengawasan) Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan dan dilaksanakan bias berjalan sesuai targetyang diharapkan.
     Controlling (Pengendalian ) meliputi pemantauan kegiatan-kegiatan untuk memastikan bahwa semua orang mencapai apa yang telah direncanakan dan mengkoreksi penyimpangan- penyimpangan yang ada.

B. Langkah - Langkah dalam Controling
1 . Menetapkan standar :   Standar kriteria terhadap hasilnya diukur . Mereka adalah norma untuk mencapai tujuan .  Standar biasanya diukur dalam hal output . Mereka juga dapat diukur dalam istilah non -moneter seperti loyalitas , daya tarik pelanggan , goodwill dll Beberapa standar adalah sebagai .a . Standar Waktu :   Tujuannya akan ditetapkan berdasarkan selang waktu dalam melakukan tugas .b . Standar biaya :     Ini menunjukkan pengeluaran keuangan yang terlibat per unit , misalnya biaya bahan per unit , biaya per orang , dllc . Standar Penghasilan :     Ini berhubungan dengan imbalan finansial diterima karena kegiatan tertentu seperti volume penjualan per bulan, tahun dlld . Market share :     Hal ini berkaitan dengan pangsa produk perusahaan di pasar .e . produktivitas :     Produktivitas dapat diukur atas dasar unit yang diproduksi per jam man dllf . profitabilitas :   Tujuan ini akan ditetapkan dengan pertimbangan biaya per unit , pangsa pasar , 
C. Tipe - Tipe Controlling
     Vertical differences. Secara vertikal manajer terdiri atas: Top manager yaitu seorang manajer yg berada pada hirarki teratas dalam organisasi dan bertanggung jawab terhadap keseluruhan organisasi.

Middle manager yaitu seorang manajer yg bekerja pada level menengah organisasi dan bertanggung jawab terhadap departemen-departemen utama.
Front-line manager yaitu seorang manajer yg berada pada level manajemen pertama atau kedua dan bertanggung jawab langsung terhadap produksi barang dan jasa.

Horizontal differences. Secara horisontal manajer dibedakan menjadi:
Functional manager yaitu seorang manajer yg bertanggung jawab terhadap sebuah departemen atau melaksanakan sebuah tugas fungsional tunggal dan memiliki karyawan dgn pendidikan dan keahlian yg sama.

General manager yaitu seorang manajer yg bertanggung jawab terhadap beberapa departemen yg melaksanakan fungsi-fungsi yg berbeda.
   PROSES PENGENDALIAN DILAKUKAN SECARA BERTAHAP DENGAN LANGKAH-LANGKAH BERIKUT :

1. Menentukan Standar-standar yang Akan Digunakan Dasar Pengendalian
 
2. Mengukur Pelaksanaan Atau Hasil Yang Telah Dicapai  
3. Membandingkan Pelaksanaan Atau Hasil Dengan Standar Dan Menentukan Penyimpangan Bila Ada
 
4. Melakukan Tindakan Perbaikan, Jika Terdapat Penyimpangan Agar Pelaksanaan Dan Tujuan Sesuai Dengan Rencana

DAFTAR PUSTAKA  

  http://id.shvoong.com/social-sciences/sociology/2205936-pengertian-pelaksanaan-actuating/#ixzz2j7W3F5IN

 http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Muhammad%20Ali,%20ST.,M.T./Materi%201%20Manajemen%20dan%20Organisasi.pdf

Yahya,Yohannes,2006, Pengantar Management,Graha Ilmu, Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar